Kamis, 17 November 2011

TIK EXCEL

Microsoft Excel

A.Mengenal Microsoft Excel
Microsoft Excel merupakan program aplikasi lembar kerja (spreadsheet) untuk pengolahan data, membuat table, kalkulasi matematika, dan grafik.
Menu-menu perintah dalam Microsoft Excel :
1. Worksheet
Worksheet merupakan bagian dari lembar kerja yang secara normal ditampilkan di sudut kiri tampilan Excel. Pada Excel 2007, ditampilkan 3 worksheet yang dinamakan sheet1, sheet2, dan sheet3.
2. Formula Bar (baris rumus)
Formula bar terdapat di bawah ribbon.
3. Status Bar
Status bar muncul di bagian bawah window Excel saat memblok beberapa data. Informasi yang ditampilkan di status bar, yaitu average (rata-rata), sum (jumlah), dan count(jumlah data yang di blok.
Langkah-langkah untuk mengubah tampilan Status Bar:
a. Klik kanan pada status bar sehingga muncul kotak dialog Customize Status Bar.
b. B. klik pada fitur yang hendak ditampilkan pada Status bar.
c. Klik sekali lagi jika ingin menyembunyikan fitur agar tidak terlihat pada Status Bar
4. Spreadsheet
Setiap spreadsheet pada dokumen Excel terdiri atas kolom (coloumn) dan baris (row). Kolom dinamai dengan huruf A sampai Z, lalu diteruskan dengan AA, AB, AC, dan seterusnya. Sedangkan baris dinomori dari angka 1 sampai 1048576.
Kombinasi dari koordinat kolom dan baris, yaitu aloamat sel (cell). Misalnya A1 yang berarti kolom A dan baris 1. Alamat sel E10 berlokasi di kolom E dan baris 10.
5. Wrap text
Ketika mengetik teks yang panjang dan besar sehingga sel tidak cukup untuk menampung, teks bertumpang tindih di sel berikutnya. Untuk membuat teks tidak bertumpang tindih, dapat menggunakan fitur Wrap text yang terdapat di tab Home pada grup Alignment.
Langkah-langkah untuk menggunakan Wrap Text:
a. Tempatkan kursor pada sel yang memiliki teks yang panjang
b. Pada tab Home, klik tombol Wrap Text pada grup Alignment sehingga teks dapat memenuhi keseluruhan sel tanpa bertumpang tindih dengan sel lain.
6. Themes
Themes merupakan fasilitas Excel yang memberikan kemudahan untuk mengoordinasi style dan tampilan dokumen.
7. Conditional Formatting
Conditional Formatting pada Excel digunakan untuk menandai format sel yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan
8. Format as Table
Fitur ini untuk membuat table dengan tampilan yang menarik dan sekaligus mengaktifkan fitur filter.
Langkah-langkah menggunakan format as table:
a. Sorot table, pada tab home klik tombol format as table yang terdapat di grup styles. Pilih salah satu desain yang dikehendaki
b. Setelah itu muncul kotak dialog Format as Tabel, lalu klik OK


9. Cell style
Cell Style merupakan fitur pada Excel 2007 yang digunakan untuk mewarnai cell dengan desain-desain warna yang telah tersedia. Pengkombinasian warna pada cell membuat tampilan lembar kerja lebih menarik
10. Chart
Di excel 2007, kita dapat membuat grafik dari data table di lembar kerja. Excel memiliki grafik yang sangat fleksibel terhadap data table sehingga jika kita mengubah nilai pada data maka grafik secara otomatis berubah mengikuti data.

0 komentar:

Posting Komentar