Kamis, 17 November 2011

TIK (sejarah komputer)

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat !
1. Teknologi Komputer adalah
2. Teknologi komunikasi adalah
3. Gambarkan bagan system Komputer!
4. Hardware adalah
5. Software adalah
6. Brainware adalah
7. Output adalah
8. Sistem Operasi adalah
9. Program Aplikasi adalah
10. System Analyst adalah
11. Operator adalah
12. Lonceng adalah
13. Bedug adalah
14. Api adalah
15. Asap adalah
16. kentongan digunakan untuk
17. prasasti merupakan piagam yang
18. Daun lontar adalah
19. Gambarkan bentuk terompet!
20. Perangkat input adalah
21. Keyboard adalah
22. Mouse adalah
23. Scanner adalah
24. Monitor merupakan
25. Printer adalah
26. Speaker adalah
27. Plotter digunakan untuk
28. Proyektor dan PROYEKTOR LCD adalah
29. Harddisk merupakan
30. Flash Drive ( flashdisk) berfungsi



SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER

A. ALAT HITUNG TRADISIONAL
Salah satu contoh alat perhitungan kuno adalah Abacus. Abacus telah digunakan oleh bangsa Romawi kuno dan Yunani kuno. Abacus dapat digunakan untuk melakukan perhitungan-perhitungan yang umum dilakukan sehari-hari, seperti penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perhitungan pangkat dua, dan akar pangkat dua.
Pada tahun 1642, seorang matematikawan dari Perancis Blaise Pascal menemukan kalkulator otomatis yang pertama. Kalkulator tersebut dapat melakukan penjumlahan dan pengurangan dengan cara menggunakan seperangkat roda gigi yang saling berhubungan.
Pada awal tahun 1970-an, seorang matematikawan Jerman Gottfried Wilhelm Leibniz mengembangkan kalkulator yang dibuat Pascal. Leibniz menambahkan pengaturan roda-roda gigi yang memungkinkan kalkulator melakukan perhitungan perkalian dan pembagian.
Pada tahun 1820-an seorang matematikawan Inggris Charles Babbage mengembangkan sebuah ide komputer mekanik. Pada tahun 1842, Babbage berhasil membuat komputer mekanik versi pertama yang disebut difference engine. Versi terakhir dari komputer mekanik disebut mesin penganalisis (analytical engine).
Pada tahun 1888, Herman Hollerith menemukan sistem kartu berlubang (punched card system). Mesin Hollerith membuat perhitungan hasil sensus pada tahun 1890 menjadi lebih cepat dan ekonomis. Pada tahun 1896 Hollerith mendirikan Tabulating Machine Company dan terus mengembangkan mesinnya. Pada tahun 1911 Hollerith menjual saham perusahaannya. Tahun 1924 nama perusahaan berubah menjadi International Business Machines (IBM) Corporation.
Pada tahun 1931, Vannevar Bush (1890-1974) menemukan differential analyzer, sebuah alat yang dapat digunakan untuk menyelesaikan persamaan matematika yang kompleks secara otomatis.
Pada tahun 1937-1939, John Vincent Atanasoft, seorang fisikawan dari Amerika di Iowa State College dibantu asistennya Clifford Berry mencoba membuat komputer listrik dengan menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit listrik.

B. KOMPUTER GENERASI PERTAMA
Komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum dalam jumlah besar yang mengakibatkan ukuran komputer menjadi besar. Untuk menyimpan data-data, komputer menggunakan silinder magnetik. Selain ukurannya yang besar, komputer juga membutuhkan daya yang sangat besar.Selama perang dunia kedua (1939-1945), komputer dikembangkan untuk kebutuhan perang. Pada tahun 1941, seorang insinyur Jerman, Conrad Zuse membangun sebuah komputer Z3 yang digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Pada tahun 1943 Inggris berhasil menyelesaikan sebuah komputer yang digunakan untuk memecahkan kode rahasia Jerman dengan cepat dan efisien yang disebut Colossus.
Di Amerika, Howard H. Aiken (1900-1973) bekerja sama dengan IBM dan berhasil mendesain kalkulator elektronik yang digunakan oleh Angkatan Laut Amerika (U.S. Navy) yang disebut Harvard Mark I. Kalkulator dapat melakukan perhitungan arimetika dasar dan persamaan-persamaan yang lebih kompleks. Namun, ia memiliki kelemahan karena operasinya yang lambat dan tidak fleksibel.
Pada tahun 1946 pemerintah Amerika Serikat bekerja sama dengan University of Pennsylvania berhasil mengembangkan komputer ENIAC untuk tujuan serbaguna (general purpose computer). ENIAC menjadi mesin yang sangat besar, namun mempunyai kinerja yang lebih cepat 1000 kali lipat dibandingkan pendahulunya Mark I.
Pada tahun 1951 Remington Rand mengembangkan UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) dan menjadi komputer komersial pertama. UNIVAC pernah digunakan oleh Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric.

C. KOMPUTER GENERASI KEDUA
Pada tahun 1948, Walter Houser Brattain, John Bardeen, dan William Bradford Shockley berhasil menemukan transistor. Transistor digunakan sebagai pengganti fungsi tabung vakum di komputer, televisi, dan radio. Karena jasanya, ketiga penemu transistor tersebut menerima hadiah Nobel pada tahun 1956.
Pada tahun 1950-an, IBM Corporation berhasil mengembangkan memori inti magnetik. Penggunaan transistor dan memori inti magnetik bersama-sama menghasilkan komputer yang lebih kecil, lebih cepat, lebih andal, dan lebih efisien dalam penggunaan energi dibandingkan dengan komputer pendahulunya.
Pada komputer generasi kedua, bahasa mesin yang digunakan digantikan dengan bahasa assembly. Salah satu komputer generasi kedua yang sukses di pasaran adalah IBM 1401 yang digunakan secara luas di berbagai industri. Komputer generasi kedua mempunyai program dan bahasa pemrograman di dalamnya. Hal ini membuat komputer lebih fleksibel dalam penggunaannya. Komputer sudah dapat digunakan untuk mencetak faktur pembelian, mendesain produk, menghitung daftar gaji, dan sebagainya.
Penggunaan komputer yang semakin luas dan membutuhkan tingkat fleksibilitas yang lebih tinggi memicu munculnya bahasa-bahasa pemrograman, seperti Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN).

0 komentar:

Posting Komentar